Faktor Risiko Tumor Hipofisis

Genetika Memainkan Peran di Tumor Hipofisis

Ada sangat sedikit faktor risiko yang diketahui untuk tumor hipofisis. Namun, faktor risiko utama adalah usia dan riwayat keluarga dari kondisi genetik tertentu.

Meskipun mereka dapat terjadi pada usia berapa pun, tumor pituitari lebih sering terjadi seiring bertambahnya usia Anda. Tidak ada yang yakin mengapa, tetapi semakin tua Anda, semakin tinggi risiko Anda mengembangkan tumor pituitari.

Ketika tumor pituitari berjalan dalam keluarga, ada beberapa gen yang mungkin ingin diperiksa oleh dokter Anda untuk mengetahui apakah itu yang menyebabkan tumor.

Memiliki salah satu kondisi genetik yang tercantum di bawah ini meningkatkan risiko Anda mengembangkan tumor pituitari:

    Multiple endocrine neoplasia tipe 1 (MEN 1)
 Sejumlah kecil tumor pituitari disebabkan oleh kelainan genetik langka ini pada gen RET. MEN 1 dapat menyebabkan over-aktivitas atau pembesaran kelenjar pituitari.

    Carney complex
Kelainan ini dapat menyebabkan beberapa jenis tumor, termasuk tumor di kelenjar pituitari. Ini disebabkan oleh cacat pada gen PRKAR1-alpha.

    Perubahan abnormal pada gen yang disebut protein reseptor aril hidrokarbon berinteraksi (AIP) adalah faktor risiko lain yang dicari dokter. Perubahan-perubahan ini dapat diwariskan dari salah satu orang tua Anda, tetapi itu juga dapat berkembang sepanjang perjalanan hidup Anda.

Tetapi hanya karena Anda memiliki salah satu faktor risiko ini tidak berarti bahwa Anda akan mengembangkan tumor pituitari.

Untuk mendiagnosis tumor pituitari, dokter Anda pertama-tama akan menanyakan tentang riwayat keluarga Anda, dan ia mungkin melakukan tes darah sederhana untuk mengesampingkan kondisi genetik ini atau mengatur konseling genetik.

Karena tumor pituitari memiliki sangat sedikit faktor risiko, sulit untuk mencegahnya. Kadang-kadang juga sulit untuk mendeteksi mereka karena gejala tumor hipofisis dapat halus. Tetapi para peneliti bekerja keras untuk mencoba memahami mengapa orang-orang tertentu — yang tidak memiliki faktor risiko utama tumor hipofisis — dapat mengembangkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar