Penyebab Kanker Tiroid Papiler

Seperti halnya semua jenis kanker tiroid, kanker tiroid papiler (juga dikenal sebagai karsinoma tiroid papiler) tidak memiliki penyebab yang diketahui. Meskipun para peneliti percaya mutasi gen terlibat dalam perkembangan kanker tiroid papiler, mereka tidak sering tahu mengapa perubahan genetik ini terjadi.

Sel-sel tiroid menjadi kanker ketika kelainan genetik menyebabkan mereka bermutasi. Kelainan ini sering disebabkan oleh faktor lingkungan (seperti paparan radiasi). Dalam kasus yang lebih sedikit, kelainan gen dapat diwariskan. Namun seringkali, tidak dipahami mengapa itu terjadi.

Mutasi gen ini membuat sel tumbuh dan berkembang biak. Dan tidak seperti sel sehat, sel-sel abnormal ini tidak mati. Ketika sel-sel ini bertambah jumlahnya, mereka akhirnya membentuk tumor. Dari sana, mereka juga dapat menyerang jaringan sehat di bagian lain tubuh.

Para peneliti percaya bahwa perubahan gen tertentu menyebabkan sel-sel tiroid berkembang dan terbagi secara abnormal, dan ini dapat menyebabkan perkembangan kanker tiroid papiler. Ada beberapa gen yang telah terhubung ke bentuk kanker tiroid ini:

    Gen RET / PTC: Mutasi gen RET / PTC terlihat pada 10% hingga 30% pasien kanker tiroid papiler, meskipun mereka lebih sering terjadi pada anak-anak atau mereka yang pernah terpajan radiasi.1

    Gen BRAF: Mutasi gen BRAF ditemukan pada 30% hingga 70% pasien. Tidak seperti mutasi RET, mutasi BRAF kurang umum pada anak-anak dan mereka yang pernah terkena radiasi. Para peneliti percaya bahwa mutasi BRAF menghasilkan kanker yang lebih agresif yang sering bermetastasis (menyebar ke bagian lain dari tubuh) .1

Para ilmuwan juga mengaitkan perubahan pada gen NTRK1 dan MET dengan kanker tiroid papiler. Tetapi penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan apa yang memicu mutasi ini, dan jika mereka dapat menyebabkan karsinoma tiroid papiler.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar