Tinjauan Perawatan Tumor Hipofisis

Obat-obatan, Terapi Radiasi, dan Bedah

Perawatan untuk tumor pituitari biasanya tergantung pada jenis tumornya, termasuk ukuran dan bentuknya.

Umumnya, perawatan tumor pituitari melibatkan kombinasi perawatan untuk mengendalikan tumor atau menghilangkannya: obat-obatan, terapi radiasi, dan pembedahan.

Tujuan utama dari semua perawatan ini adalah sama: mengembalikan kadar hormon Anda menjadi normal jika mungkin dan untuk mengobati segala gejala yang disebabkan oleh ukuran tumor (yang berarti bahwa Anda mungkin memerlukan pengobatan untuk mengecilkan tumor Anda).

Untuk mengobati tumor pituitari, obat-obatan kadang-kadang digunakan untuk membantu memblokir terlalu banyak hormon yang diproduksi. Obat apa yang Anda ambil tergantung pada hormon apa yang diproduksi berlebihan. Selain itu, ada beberapa obat yang dapat mengecilkan tumor hipofisis. Baca artikel lengkap tentang obat tumor hipofisis untuk lebih jelasnya.

Terapi radiasi juga dapat digunakan untuk mengobati tumor Anda. Menggunakan sinar-X berenergi tinggi atau sinar gamma untuk mengecilkan tumor Anda, terapi radiasi dapat digunakan setelah operasi atau sendirian. Ini sangat berguna jika tumor menetap atau kembali bahkan setelah operasi. Untuk informasi yang lebih spesifik, bacalah artikel terapi radiasi tumor hipofisis.

Pembedahan dapat digunakan untuk mengangkat sebagian atau seluruh tumor. Pembedahan mungkin diperlukan jika tumor menekan saraf optik Anda, yang berpotensi menyebabkan kebutaan.

Tetapi mengobati tumor pituitari tidak sama untuk semua orang. Bahkan, tidak ada satu pun pola pengobatan untuk mengobati tumor ini. Misalnya, Anda mungkin hanya perlu minum obat untuk menormalkan kadar hormon dan mengecilkan tumor Anda, atau Anda mungkin perlu menggunakan semua 3 perawatan. Itu benar-benar tergantung pada jenis tumor yang Anda miliki.

Selain itu, jika satu jenis pengobatan tidak berfungsi untuk mengendalikan tumor Anda, Anda mungkin perlu mencoba perawatan lain. Misalnya, obat-obatan dapat digunakan jika operasi tidak berhasil dalam menormalkan produksi hormon Anda. Dan jika tumor Anda tumbuh kembali setelah operasi, Anda mungkin memerlukan terapi radiasi.

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa mengobati tumor pituitari tidak selalu tepat, terutama jika Anda lebih tua atau berada dalam kesehatan yang buruk. Namun, banyak orang yang memiliki tumor hipofisis (tidak peduli berapa usia mereka atau seberapa sehat mereka) dapat berfungsi normal tanpa tumor mereka menyebabkan masalah atau membutuhkan perawatan untuk itu.

Penting juga untuk dicatat bahwa Anda mungkin perlu minum obat pengganti hormon — bahkan setelah tumor pituitari Anda berhasil diobati — karena produksi hormon menurun, baik secara langsung disebabkan oleh tumor hipofisis atau pengangkatan tumor pituitari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar