Gejala Tumor Pituitari

Cara Mengenali Tumor Hipofisis

Tumor hipofisis —> pertumbuhan abnormal yang berkembang di kelenjar pituitari — > memiliki beberapa gejala. Gejala-gejala ini biasanya berkembang secara bertahap tetapi akhirnya dapat menyebabkan gangguan endokrin lainnya, seperti penyakit Cushing dan akromegali.

Beberapa gejala tumor hipofisis yang halus, seperti kelelahan dan kelemahan, begitu banyak orang mengabaikan gejala mereka dan mungkin menghubungkan mereka dengan sesuatu yang lain (misalnya, membutuhkan lebih banyak tidur).

Tetapi kadang-kadang ketika Anda memiliki tumor pituitari, tubuh Anda memproduksi hormon-hormon tertentu dalam jumlah berlebihan (hormon mana yang terlalu berproduksi bergantung pada di mana tumor itu berada).

Kebanyakan tumor hipofisis berukuran kecil. Mereka disebut microadenomas. Tetapi tumor yang lebih besar, yang disebut macroadenoma, dapat memberi tekanan pada kelenjar pituitari dan jaringan di sekitarnya dan menyebabkan perubahan pada penglihatan Anda, seperti penglihatan ganda dan hilangnya penglihatan tepi.

Gejala lain yang mungkin terkait dengan tekanan yang disebabkan oleh tumor pituitari:

    Intoleransi dingin
    Sembelit
    Kulit kering
    Sakit kepala
    Hilangnya rambut di tubuh Anda
    Tekanan darah rendah
    Periode yang terlewatkan
    Mual
    Disfungsi seksual
    Penurunan berat badan atau hasil yang tidak dapat dijelaskan
    Muntah

Tidak semua orang dengan tumor pituitari akan mengalami semua gejala ini. Gejalanya bervariasi berdasarkan jenis tumornya (ada 4 tipe utama tumor hipofisis), serta ukuran dan bentuknya.

Selain itu, tumor pituitari dapat menyebabkan gangguan endokrin tertentu karena kelebihan produksi hormon tertentu. Gangguan endokrin ini dapat dikaitkan dengan gejala tambahan.

Gangguan endokrin yang berhubungan dengan produksi hormon berlebihan oleh tumor pituitari:

    Akromegali
Ini adalah gangguan pertumbuhan yang disebabkan oleh kelebihan hormon pertumbuhan. Tangan dan kaki yang membesar dan gigi yang tidak sejajar adalah beberapa gejala utama akromegali.

    Penyakit Cushing
Kelainan ini disebabkan oleh kelenjar adrenal Anda memproduksi terlalu banyak kortisol sebagai respons terhadap hormon hipofisis yang dibuat oleh adenoma hipofisis. Gejala dapat mencakup akumulasi lemak di sekitar bagian tengah Anda dan punuk di punggung bagian atas Anda.

    Hiperprolaktinemia
Ini adalah gangguan endokrin yang disebabkan oleh produksi prolaktin yang berlebihan. Gejala hiperprolaktinemia termasuk siklus menstruasi yang tidak teratur (pada wanita) dan infertilitas (pada pria).

    Hipertiroidisme
Ini adalah kondisi yang disebabkan oleh kelenjar tiroid Anda menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid sebagai respons terhadap hormon yang dibuat oleh tumor pituitari. Gejala hipertiroidisme termasuk detak jantung cepat dan tidak teratur dan penurunan berat badan.

Meskipun gejala tumor hipofisis biasanya berkembang secara bertahap, dalam kasus yang jarang terjadi, gejala dapat terjadi secara tiba-tiba dan bisa menjadi berat.

Dengan tumor hipofisis, diagnosis dini dan pengobatan sangat penting, jadi penting untuk menyebutkan perubahan apa pun dalam kesehatan Anda kepada dokter Anda, terutama jika Anda mengalami salah satu gejala tumor hipofisis di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar