Pembedahan untuk Tumor Hipofisis

Operasi tumor pituitari meliputi pengangkatan semua atau sebagian besar tumor yang tumbuh di kelenjar pituitari Anda.

Tetapi jenis operasi apa yang Anda miliki tergantung pada jenis tumor pituitari yang Anda miliki, serta ukuran dan bentuk tumor.

Pembedahan biasanya diperlukan karena 2 alasan:

    Jika tumor menekan saraf optik Anda, yang berpotensi menyebabkan kebutaan
    Jika tumor memproduksi terlalu banyak hormon tertentu (misalnya, hormon pertumbuhan), yang dapat menyebabkan gangguan endokrin (misalnya, akromegali)

Ada 2 jenis operasi utama untuk tumor hipofisis:

    Endoskopi transnasal transsphenoidal approach: Meskipun "transsasphaloidal transnasal endoskopi" sulit untuk diucapkan, mudah dimengerti. Dengan operasi ini, dokter Anda menggunakan alat khusus untuk mengangkat tumor melalui hidung (transnasal) dan sinus (transsphenoidal). Salah satu alat yang akan digunakan dokter Anda disebut endoskopi, yaitu kamera video kecil yang membantu memandu ahli bedah Anda selama operasi Anda.


    Banyak pasien menyukai opsi ini karena tidak ada sayatan yang terlihat, yang berarti tidak ada bekas luka. Umumnya tidak ada bagian lain dari otak Anda yang tersentuh. Namun, tumor pituitari yang sangat besar mungkin terlalu sulit dihilangkan dengan jenis operasi ini, terutama jika mereka telah menyebar ke jaringan sehat.
    Pendekatan transkranial: Pembedahan ini adalah jenis kraniotomi (operasi otak). Cranium berarti tengkorak Anda, jadi kraniotomi adalah operasi otak yang melibatkan mencapai tumor Anda melalui sayatan di sisi tengkorak atau dahi Anda.


    Dokter bedah Anda akan mengangkat tumor pituitari Anda melalui sayatan kecil di bagian atas tengkorak Anda — itulah mengapa disebut transcranial (yang berarti melalui tengkorak Anda). Dengan pendekatan ini, jauh lebih mudah untuk menjangkau tumor yang lebih besar.

Pembedahan untuk mengangkat tumor pituitari biasanya memakan waktu sekitar 3 jam, dan sebagian besar pasien meninggalkan rumah sakit dalam beberapa hari.

Selama beberapa minggu pertama setelah operasi, Anda mungkin merasa lelah, sakit kepala, atau sedikit hidung tersumbat, tetapi gejala-gejala ini harus berangsur-angsur membaik. Dan dalam 2 minggu, Anda harus kembali ke aktivitas harian normal Anda, termasuk bekerja.

Menghapus tumor pituitari dapat menyebabkan kadar hormon abnormal. Itu karena kelenjar pituitari Anda bisa menghasilkan kadar hormon yang lebih rendah (misalnya, hormon perangsang tiroid) begitu tumornya hilang. Agar kadar hormon Anda kembali normal — dan menjaga mereka tetap di sana — kemungkinan besar Anda perlu melakukan penggantian hormon.

Operasi tumor hipofisis dianggap berisiko rendah untuk orang muda yang sehat. Namun jika Anda lebih tua atau memiliki masalah medis lainnya, risiko bedah Anda meningkat, dan risiko ini perlu diseimbangkan dengan manfaat operasi yang diharapkan. Penting untuk berbicara dengan dokter Anda tentang apakah operasi merupakan pilihan yang baik untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar