Gejala Kanker Tiroid Papiler

Nodul tiroid dan kelenjar getah bening bengkak

Kanker tiroid papiler, juga dikenal sebagai karsinoma tiroid papiler, berkembang perlahan. Dan pada tahap awal kanker tiroid, banyak pasien bahkan tidak mengalami gejala apa pun.

Dalam banyak kasus, tanda pertama kanker tiroid papiler adalah benjolan tanpa rasa sakit pada tiroid di depan leher. Benjolan ini disebut nodul tiroid.

Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit, nodul tiroid saja sudah cukup untuk membawa Anda ke kantor dokter — sering terlihat melalui penglihatan atau sentuhan. Tetapi nodul tiroid dapat menyebabkan tanda dan gejala lain. Meskipun mereka mungkin tidak tampak luar biasa, Anda harus mendiskusikannya dengan dokter Anda jika mereka tidak pergi. Ini termasuk:

    Sakit tenggorokan
    kesulitan menelan atau bernapas
    suara serak

Kadang-kadang, nodul tiroid kanker tidak dapat dilihat atau dirasakan oleh Anda atau dokter Anda. Pada kasus-kasus tersebut, Anda mungkin akan melihat nodus limfa yang membengkak. Kelenjar getah bening melawan infeksi dan terletak di seluruh tubuh Anda. Jika kanker tiroid menyebar ke kelenjar getah bening di leher Anda, maka kelenjar getah bening akan menjadi bengkak.

Kelenjar getah bening dapat menjadi membesar untuk berbagai alasan-banyak dari mereka tidak terkait dengan kanker tiroid. Ketika Anda mengalami sakit tenggorokan yang parah, misalnya, kelenjar getah bening di leher Anda mungkin membengkak. Tetapi setelah infeksi hilang, kelenjar getah bening kembali ke ukuran normal. Jadi jika Anda melihat nodus limfa yang membengkak untuk jangka waktu yang panjang, Anda harus berbicara dengan dokter Anda.

Karsinoma tiroid papiler adalah salah satu bentuk kanker tiroid. Jika Anda ingin informasi lebih lanjut tentang tanda-tanda umum dari gejala-gejala semua jenis kanker tiroid, silakan baca artikel kami tentang gejala-gejala kanker tiroid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar