Terapi Radiasi untuk Tumor Hipofisis

Jika Anda telah didiagnosis dengan tumor pituitari, Anda kemungkinan besar akan memerlukan beberapa jenis perawatan untuk mengurangi ukuran tumor Anda dan menormalkan kadar hormon Anda. Terapi radiasi untuk tumor hipofisis dapat mencapai tujuan ini.

Dalam memutuskan apa pilihan terbaik untuk mengobati tumor Anda, dokter Anda dapat mempertimbangkan perawatan lain, seperti obat untuk tumor hipofisis atau operasi untuk tumor pituitari. Terapi radiasi biasanya bukan pengobatan pertama yang dicoba untuk tumor hipofisis — paling sering digunakan dalam kombinasi dengan operasi atau setelah perawatan medis lainnya gagal.

Terapi radiasi menggunakan sinar-x khusus atau sinar gamma untuk mengecilkan tumor Anda, dan itu dapat digunakan setelah operasi atau sendiri.

Ini sangat berguna ketika semua tumor Anda tidak dapat dihilangkan dengan aman melalui operasi, jika tumor Anda kembali setelah Anda menjalani operasi, atau jika itu menyebabkan gejala bahwa obat tidak dapat diobati.

Ada 2 jenis terapi radiasi utama: terapi radiasi sinar eksternal dan radiosurgery stereotaktik. Dokter Anda akan memberi tahu Anda jenis yang tepat untuk Anda.

Terapi Radiasi Sinar Eksternal untuk Tumor Hipofisis
Terapi ini memberikan dosis radiasi kecil ke tumor untuk menyusutkannya. Ini biasanya dilakukan sebagai rangkaian perawatan yang dilakukan 5 kali seminggu selama satu setengah bulan.

Meskipun umumnya sangat berguna dalam mengobati tumor hipofisis, mungkin diperlukan waktu bertahun-tahun untuk sepenuhnya mengecilkan tumor dan mengatur produksi hormon.

Namun, terapi radiasi sinar eksternal dapat merusak sel-sel sehat yang tersisa di sekitar kelenjar pituitari dan jaringan otak, yang merupakan risiko untuk didiskusikan dengan dokter Anda.

Stereotactic Radiosurgery untuk Tumor Hipofisis
Stereotactic radiosurgery menggunakan teknik pencitraan otak khusus dan pancaran radiasi, yang merupakan bentuk dan ukuran tumor yang tepat, untuk menargetkan tumor. Tidak ada sayatan dan jumlah radiasi minimal digunakan, jadi ada kerusakan kurang pada jaringan sehat di dekat kelenjar pituitari.

Tapi seperti terapi radiasi sinar eksternal, manfaat dari perawatan ini tidak instan, dan ada beberapa kelemahan: Pada beberapa orang, bisa memerlukan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun agar perawatan ini bekerja sepenuhnya. Juga, dokter tidak dapat menggunakannya jika tumor pituitari terlalu dekat dengan saraf optik Anda. Jika saraf-saraf ini rusak, itu bisa menyebabkan kebutaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar