Mendiagnosis Tumor Hipofisis

Sekitar 10% orang akan mengembangkan tumor pituitari pada suatu titik dalam kehidupan mereka, 1 tetapi beberapa tumor hipofisis tidak menimbulkan gejala apa pun — dan banyak yang bahkan tidak pernah didiagnosis. Jika dokter Anda mencurigai adanya tumor pituitari, ia akan menjalankan beberapa tes kunci.

Namun, sebelum melakukan tes apa pun pada Anda, dokter Anda kemungkinan besar akan melakukan pemeriksaan fisik dan memperoleh riwayat kesehatan lengkap Anda dan riwayat kesehatan keluarga yang terperinci. Beberapa tumor pituitari terkait dengan kondisi genetik tertentu, seperti multiple endocrine neoplasia tipe 1 (MEN 1), yang dapat diwariskan dari generasi ke generasi. Dokter Anda akan ingin tahu apakah orang lain di keluarga Anda memiliki atau memiliki PRIA 1 — atau jika Anda memilikinya.

Tetapi hanya karena Anda memiliki MEN 1 atau riwayat keluarga tumor hipofisis dan / atau MEN 1 tidak berarti Anda memiliki tumor pituitari.

Meskipun banyak yang bisa dipelajari selama sejarah dan ujian bagian dari kunjungan dokter Anda, agar dokter Anda untuk membuat diagnosis yang akurat dari tumor pituitari, ia harus menjalankan beberapa tes sederhana:

    Tes darah dan urin
Tes-tes ini dapat menentukan apakah Anda memiliki jumlah berlebihan — atau kekurangan — hormon tertentu. Dokter Anda akan mencari kadar hormon kortisol dan tiroid yang abnormal, misalnya.

    Tes pencitraan
Pemindaian tomografi komputer (CT) atau pencitraan resonansi magnetik (MRI) otak Anda dapat menunjukkan lokasi, ukuran, dan bentuk tumor pituitari.

    Tes penglihatan
Tes-tes ini dapat membantu menentukan apakah tumor pituitari memengaruhi penglihatan Anda, terutama penglihatan tepi Anda.

Dokter Anda biasanya dapat mendiagnosa tumor pituitari dengan satu atau semua tes ini, tetapi itu tidak selalu terjadi. Jika Anda membutuhkan tes tambahan, dokter Anda mungkin merujuk Anda ke seorang endokrinologis.

Didiagnosis menderita tumor pituitari bukan berarti Anda mengidap kanker. Faktanya, kebanyakan tumor pituitari jinak (bukan kanker), yang artinya mereka tidak akan menyebar. Namun, penting untuk mendiagnosis tumor hipofisis sejak dini untuk mencegah kemungkinan komplikasi tumor pituitari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar